HOME | NEWS

Zona Kabar

Kamis, 23 Juni 2022 09:31 WIB

Soroti Program BPNT, LSM-PERKARA Gelar Audensi Bersama DINSOS Majalengka.

Majalengka,zonakabar – Dinas Sosial (Dinsos) Majalengka menjadi target kunjungan selanjutnya, setelah Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) Pemerhati Kinerja Aparatur Negara (PERKARA) melakukan audensi dengan mendatangi Dinas Bina Marga dan Cipta Karya (BMCK) Kabupaten Majalengka. pada rabu pagi kemarin (22/6/2022).

Krispol Siregar. Ketua DPC LSM-PERKARA Majalengka bersama para anggota,awak media yang didampingi Ketua Umum (Ketum) DPP LSM PERKARA. Lius Manahu, SE. tiba di kantor Dinsos Majalengka rabu (22/6 /2022) sekitar pukul 12:00 wib. dan diterima langsung Sekertaris Dinas Sosial Kabupaten Majalengka. H. Tris Suseno, S.Sos., M.M.Kes.

Dalam acara audensi yang digelar kemarin, LSM-PERKARA menyampaikan aspirasinya terkait persoalan bansos yang menjadi temuan serta dikeluhkan masyarakat Majalengka.

Beberapa point catatan penting dari LSM-PERKARA menjadi pokok bahasan dalam acara tersebut diantaranya tentang penyaluran bansos BPNT yang dinilai kurang maksimal serta tidak tepat sasaran. Krispol Siregar menyinggung tentang persoalan temuan dilapangan terkait sejumlah Aparatur Desa Aktif di Kabupaten Majalengka yang hingga saat ini ditenggarai masih menerima kucuran bansos pangan BPNT meskipun hal itu sebelumnya pernah menjadi sorotan hingga dibahas di tingkat DPRD Majalengka dengan melakukan Raker bersama Dinsos dan pihak terkait, namun menurut Krispol. menurut laporan dilapangan sejumlah oknum Aparatur Desa penerima bansos BPNT masih bersikukuh dan enggan mundur dari kepesertaan KPM BPNT sendiri.

BACA JUGA |  Mantap !!! Bhabinkamtibmas Desa Cipedes Berikan Arahan Cara Buat Pupuk Kompos Dari Sampah Rumah Tangga, Begini caranya

Persoalan penyaluran bansos BPNT sendiri tak luput LSM-PERKARA pertanyakan, pasalnya menurut Krispol Siregar. fakta dilapangan terkait penyaluran bansos pangan BPNT dinilai masih rancu. Hingga banyaknya. Sindiran untuk E-Warong selaku penyalur bansos, dilontarkan Krispol. menurutnya tingginya harga jual ke KPM dari E-Warong menjadi sebuah sinyalemen buruknya sistem ekonomi perdagangan dalam pusaran bansos BPNT.

Suasana audensi di ruang kantor dinas sosial majalengka, rabu (22 /6 /2022).

“Kami datang ke Dinsos Majalengka tidak semata datang dengan maksud tertentu, namun kami datang dengan membawa aspirasi dari masyarakat dalam hal ini KPM yang merasa terdholimi serta banyaknya indikasi temuan dilapangan yang diduga dalam pelaksanaanya tidak sesuai Pedum yang berlaku. contohnya seperti KPM yang tidak mendapatkan KKS sama sekali maupun KPM yang selama ini KKS nya tak pernah ada saldonya. Nah dari sini kita pertanyakan sejauh mana peran Dinsos dalam program BPNT ini. Awas loh berapa Triliun uang negara yang digelontorkan untuk program ini, jadi kami sebagai lembaga swadaya masyarakat patut juga untuk mengawasi jangan sampai uang rakyat terbuang percuma karena dalam penyalurannya kurang maksimal serta tidak tepat sasaran”, tegas Krispol Siregar.

BACA JUGA |  Dukung Kebijakan Pemerintah, Bhabinkamtibmas Pantau Penyaluran BPNT di Desa Binaan

Sementara itu, menjawab aspirasi yang telah disampaikan LSM-PERKARA. Sekdis Dinsos Majalengka, H. Tris Suseno, S.Sos., M.M.Kes. menerangkan bahwa selama ini terkait persoalan indikasi tidak tepat sasarannya program BPNT dilapangan itu kembali ke pihak Pemerintah Desa (Pemdes) sendiri, menurutnya setiap Desa yang ada di wilayah Kabupaten Majalengka sudah ada operator SIKS-NG nya sendiri. SIKS-NG sendiri merupakan aplikasi yang digunakan oleh operator Desa untuk mengolah data KPM. “Perlu kami sampaikan bahwa kebijakan dalam mengolah data KPM itu kembali lagi ke pihak Desa, karena setiap Desa itu sendiri sudah mempunyai operator SIKS-NG masing-masing. bahkan dalam waktu kemarin kami pun telah melaksanakan Bimtek di sejumlah wilayah Kecamatan agar para operator Desa lebih mengerti serta paham dalam melaksnakan tugas dan fungsinya”, ujarnya.

Di akhir acara Sekdis Dinsos Kabupaten Majalengka. H. Tris Suseno, S.Sos.,M.M.Kes. mengucapkan terimakasih pada LSM-PERKARA yang sudah peduli terhadap masyarakat. Pihaknya berjanji segala aspirasi yang telah disampaikan dalam rapat audensi akan ditindaklanjuti. Tris berharap tali silaturahmi lebih terjalin erat dan bisa bersinergi dalam segala hal, ungkapnya. (Pimred)

Bagikan :

Bagikan :

Baca Juga

NEWS

Pemberian Piagam Penghargaan Dari TRC Perlindungan Perempuan dan Anak Kepada 12 Personil Polres Majalengka

NEWS

Mewakili Kapolres, Kabag Ops Polres Majalengka Hadiri Kunjungan Peninjauan Direksi BPJS Kesehatan Ke Posko Lebaran Rest Area KM 164 Tol Cipali

NEWS

Wujud Komitmen Kerjasama, Korea Selatan Kirim 200 Konsentrator Oksigen Untuk Indonesia.

NEWS

Mudik Aman, Lancar dan Sehat, Ketua DPRD Majalengka Apresiasi Peran Polri

NEWS

Satres Narkoba Polres Majalengka Amankan 8 Pelaku Pengedar Ribuan Obat Terlarang serta Ratusan Botol Miras

NEWS

Terima Kunjungan Ketua KONI Majalengka, Kapolres Siap Dukung Kegiatan Olahraga di Kabupaten Majalengka

NEWS

Ops Pekat Lodaya 2022, Personil Sat Samapta Amankan Dua Motor Bodong dan Barbuk Jaket XTC

NEWS

Sasar Pabrik Polsek Dawuan Rutin Berikan Himbauan Kamtibmas Dan Prokes