HOME | Daerah

Zona Kabar

Minggu, 12 Juni 2022 18:59 WIB

Semarak Milangkala Desa Jatiserang, kecamatan Panyingkiran, kabupaten
Majalengka. Berlangsung sangat Meriah.

Zona kabar.

Milangkala atau lebih trend nya adalah Hari jadi, merupakan sebuah kegiatan untuk pangeling- ngeling mengenai berdirinya sebuah koloni (Wilayah) seperti saat ini di Desa Jatiserang, kecamatan Panyingkiran, kabupaten Majalengka. Menggelar kegiatan Hari jadinya yang di fokuskan di alun alun kantor Balai Desa pada hari Minggu (12/06) 2022.

Milangkala Desa jatiserang, kecamatan Panyingkiran,Kabupaten Majalengka, yang bertepatan dengan hari jadi Majalengka ke 532 juga hari jadi Bhayangkara. Berlangsung sangat meriah yang dikemas dengan berbagai pentas seni dan parade hasil bumi dari warga Masyarakat setempat. Selain itu banyak lagi kegiatan- kegiatan lainya yang ditampilkan.acara tersebut dibuka oleh Bupati Majalengka DR.H.Karna Sobahi.M.M.Pd yang di dampingi oleh Sekda beserta jajarannya.

Dengan digelarnya kegiatan Milangkala seluruh Warga Masyarakat Desa Jatiserang menyambutnya dengan antusias dan merasa bersyukur yang mana Pemerintahan Desa saat ini sangat peduli dengan menggelar peringatan hari jadi. Bahkan Warga Masyarakat setempat merasa puas.

” Saya selaku Warga Masyarakat Desa Jatiserang mengucapkan terima kasih kepada bapak kepala desa Tirta Wirahman, SH. Beserta para Aparat Desa, yang mana telah menggagas untuk menggelar kembali kegiatan Milangkala (Hari jadi) Desa Jatiserang yang sebelumnya telah lama Vakum !” Papar salah seorang Warga saat di konfirmasi oleh awak Media Zona kabar.

Di lokasi yang sama Tirta Wirahman.SH. selaku kepala Desa Jatiserang mengatakan:

“Semoga dengan di gelarnya Kegiatan Hari Jadi ini, Desa Jatiserang akan lebih maju, baik dalam segi Pembangunan maupun dalam hal pelayanan terhadap Masyarakat. Sesuai dengan Visi Misi Desa Jatiserang!”. Tegasnya

BACA JUGA |  UD “Okulasi Berkah Buana Mulia” Desa Gunung Kuning, Siap Ramaikan Stand Pada Gelaran LPJB VI BUPATI CUP Harjad Majalengka ke 532.

Kegiatan Hari Jadi Desa Jatiserang selain menyuguhkan pentas seni dan parede hasil bumi juga menggelar trabas yang di ikuti oleh ratusan penggemar Trabas baik dari kabupaten Majalengka maupun luar kabupaten, dengan mengambil tema Motor Trail Balad kenca adapun Rute nya yaitu Tanjakan Riano Jaya Blok Majasari Wetan. Dengan perolehan hadiah sebesar satu juta rupiah. Kemudian setelah itu dilanjut dengan kegiatan Baksos di Mushola Al Insani Blok Girang Desa Jatiserang.

Kegiatan Hari Jadi Desa Jatiserang hingga dipengunjung rankaian acara berlangsung sangat meriah berjalan sukses tanpa Exses.

Sekilas tentang profil Desa Jati Serang, Kecamatan Panyingkiran, Kabupaten Majalengka.
(Sumber dari dok. Desa).

Desa Jatiserang adalah satu dari sembilan Desa di Kecamatan Panyingkiran Kabupaten Majalengka Jawa Barat.memiliki 5 Dusun/Blok yaitu Dusun I Blok Desa, Dusun II Blok Girang, Dusun III Blok Jatiserang, Dusun IV Blok Jatisari dan Dusun V Blok Majasari. Letak geografis Desa Jatiserang berada di ujung barat Kabupaten Majalengka yang berbatasan langsung dengan Kabupaten Sumedang.Desa Jatiserang memiliki luas 224,48m² jarak tempuh ke Ibukota Kecamatan 4Km dan ke Ibukota Kabupaten 10Km.Desa Jatiserang berada di ketinggian (51mdpl) dengan diapit oleh tiga sungai besar, yaitu sungai cilutung/cimanuk, sungai cideres dan sungai cijurey. Penduduk Desa Jatiserang sampai dengan bulan September 2021 sekitar 3.588jiwa teridi dari jumlah penduduk laki-laki 1.786 jiwa dan perempuan 1.788 jiwa. Desa Jatiserang secara umum adalah agraris, dengan luasnya persawahan yang menggunakan sistem irigasi teknis seluas 86Ha, sehingga sebagian penduduk Desa Jatiserang bermata pencaharian sebagai petani dan buruh tani. ada juga sebagai pedagang, pegawai baik PNS maupun swasta. Dengan luas lahan persawahan tersebut tentunya cukup untuk memenuhi kebutuhan pangan masyarakat dan juga dapat membantu program pemerintah dalam ketahanan pangan. Desa Jatiserang memiliki berbagai sarana Pendidikan baik Pendidikan Formal maupun Pendidikan non formal diantaranya adalah Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) sebanyak 2 Unit, Taman Kanak-kanak 1 Unit, Sekolah Dasar Negeri 2 Unit, SLTP Negeri 1 Unit, MTS 1 Unit, Madrasah 2 Unit, Pesantren 1 Unit.

BACA JUGA |  Desa Sukarame kec Cisolok Sukabumi melaksanakan seleksi Calon Perangkat Desa

Untuk tempat Ibadah Desa jatiserang mempunyai 5 Mesjid dan 7 Musholla.

Desa jatiserang mempunyai Lapangan Sepak Bola “LA JASCO” yang sudah terkenal dikalangan para pemain sepak bola,baik dari kabupaten Majalengka, maupun luar Kabupaten Majalengka.bahkan tidak jarang para pemain dari luar Provinsi seperti DKI Jakarta dan Jawa Tengah pun datang untuk sekedar bermain Sepak Bola di lapangan La Jasco.

Desa Jatiserang sudah 14 kali berganti Kuwu/Kepala Desa, berikut ini Nama-nama yang pernah menjabat Kuwu/Kepala Desa Jatiserang:

1.Embah Kempleng
(Masa jabatan tidak diketahui)
2.Embah Resmi
(Masa jabatan tidak di ketahui)
3.Bpk. Jamhari
(Masa jabatan tidak diketahui)
4.Bpk Jayadipura
(Masa jabatan tidak diketahui)
5.Bpk. Atma
(Masa jabatan Tidak di ketahui)
6.Bpk. Rasim
(Masa jabatan tidak di ketahui)
7.Bpk. Atma
(Masa jabatan tidak diketahui)
8.Bpk. Santana
(1953-1978)
9.Bpk. Iwik Arsawi
(1979-1987)
10.Bpk. H.Bagus Salim
(1990-1998)
11.Bpk. Iwik Arsawi
(1998-2008)
12.Bpk. Ade Margiani
(2009-2015)
13..Bpk. Didi Casyadi
(2015-2021)
14..Bpk. Tirta Wirahman, SH
(2021-2027).

(Dinar Sulytia Qommari)

Bagikan :

Bagikan :

Baca Juga

Daerah

Sebanyak 135 ASN di Lingkungan Pemkab Majalengka di Rotasi.

Daerah

SMPN SATAP 6 CISOLOK DI TAPAL BATAS MENGADAKAN PERPISAHAN & KENAIKAN KELAS

Daerah

Peletakan Batu pertama pembangunan kantor kejaksaan Negeri Majalengka dan Peresmikan rumah Restorative Justice di Desa Bantarjati. Kecamatan Kertajati, Kabupaten Majalengka. Oleh kepala kejaksaan Tinggi Jawabarat.

Daerah

Babinsa 1017-BULIK “Dengan Berkebun,Bisa Jadi Solusi di Saat Pandemi Covid19”

Daerah

Desa Mana Saja Yang Mendapatkan Bantuan Pembangunan Prasarana Olah Raga Di Kabupaten Majalengka, Lihat Disini !

Daerah

Peran Aktif Babinsa Dalam Mendukung Pembentukan Desa Siaga

Daerah

Bupati Majalengka Jalani Isolasi Mandiri, Usai Dinyatakan Positif COVID19.

Daerah

Bupati Majalengka Lantik Kepala Desa Secara Virtual.