HOME | NEWS

Zona Kabar

Kamis, 12 Mei 2022 10:39 WIB

Penyaluran Program Bansos BPNT di Desa Gunungsari Diduga Bermasalah

smart

smart

Majalengka,zonakabar – Program bansos pangan BPNT yang digulirkan pemerintah melalui Kementerian Sosial, dimana didalamnya sudah diatur melalui Pedoman Umum (Pedum) Program Sembako 2020. Nyatanya fakta dilapangan ada saja oknum serta pihak yang kurang memahami serta tidak menjalankan tugas sesuai aturan merujuk pada Pedum yang berlaku saat ini,sehingga akhirnya diduga malah berpotensi merugikan penerima manfaat BPNT sendiri.

Seperti halnya yang terjadi pada wanita berinisial “I” (43) warga blok minggu Desa Gunungsari, Kecamatan Kasokandel, Kabupaten Majalengka, Jawa-Barat. Ia mengaku selama ini merasa kaget bercampur bingung saat ada seseorang yang datang kerumahnya untuk memotret rumahnya dengan beralasan bahwa dirinya termasuk sebagai salah seorang penerima manfaat program BPNT. namun saat itu ia tidak serta merta percaya,pasalnya menurut penuturan (I) selama ini ia belum pernah sekali pun menerima penyaluran bansos sembako dari e-warong setempat yang ditunjuk menjadi penyalur. “Selama ini saya tidak pernah pak sekalipun menerima paket bansos pangan BPNT berupa sembako dari e-warong. kartu KKS pun saya tidak punya”, tuturnya pada awak media.

BACA JUGA |  Inovasi Penghemat BBM (AMR) Kodim 0617/Majalengka, Dicek Langsung KSAD

“Akan tetapi yang saya herankan pada saat penyaluran bansos sembako beberapa bulan yang lalu melalui PT. Pos saat itu,tiba-tiba saja ada panggilan dari Pemdes agar datang ke balai Desa untuk melakukan pencairan bansos BPNT dan saya pun menerima uang 600ribu Rupiah. terus selang berapa lama,saya pun kembali mendapat panggilan yang kedua kalinya untuk menerima uang bansos bareng sama uang BLT minyak goreng yang pada saat itu saya mendapat 500ribu Rupiah. Setiap kali mengambil bansos di Balai Desa saya diminta untuk menunjukan KTP. tetapi untuk tiap bulannya sampai saat ini saya belum pernah sekalipun menerima bansos sembako dan saya pun tidak pernah diberikan kartu KKS serta buku rekening tabungan”, tukasnya.

(I) berharap agar persoalan ini segera ada tindak lanjutnya dari pihak terkait agar dirinya bisa mendapatkan hak nya sebagai penerima manfaat bansos pangan BPNT sesuai data yang ada di Kementerian Sosial.

Sementara itu Kepala Desa Gunungsari, Nana Sunarya. saat dikonfirmasi mengenai hal ini, Nana berdalih bahwa persoalan itu baru terkuak beberapa waktu yang lalu,tepatnya saat penyaluran bansos BPNT 2022 saat penyalurannya dilaksanakan melalui PT. Pos Indonesia. “Jujur saja mengenai hal itu kami dari pemdes baru mengetahuinya, pada saat penyaluran melalui PT. Pos Indonesia dimana syarat salah satunya dengan membawa KTP. nah saat itu baru diketahui kalau ada kekeliruan dimana ada dua nama dalam satu blok yang namanya sama dengan yang terdaftar sebagai KPM BPNT”, ungkap Nana.

BACA JUGA |  Unit PPA Polres Majalengka Amankan Pelaku Pencabulan Terhadap Keponakannya Sendiri

“Saya tidak tahu soal BPNT karena selama ini untuk hal tersebut dilakukan oleh Ketua Kelompok masing-masing bersama E-warong”, tambahnya.

Lebih lanjut Nana mengatakan akan segera menindaklanjuti persoalan tersebut bersama jajarannya dengan berkoordinasi bersama pihak terkait. “Saya akan tindak lanjuti bersama, agar persoalan ini bisa segera selesai dan clear”, tukasnya.

Terpisah Tenaga Kesehahteraan Sosial Kecamatan (TKSK) Kasokandel, Budiyono. saat ditanya untuk memastika mengenai data kepesertaan salah satu warga Desa Gunung Sari tersebut,terkesan mengelak dengan beralasan akan melakukan cek data dulu ke pihak Pemdes Gunungsari. seperti yang diungkapkan melalui pesan WA nya. (Red)

Bagikan :

Bagikan :

Baca Juga

NEWS

MPC Pemuda Pancasila Majalengka Siap Bersinergi Dengan Polres Majalengka Untuk Menanggulangi Covid-19

NEWS

Kapolres Majalengka Pimpin Apel Gelar Pasukan Ops Zebra Lodaya 2021

NEWS

Keterangan Saksi DP dan Pemerintah Bertentangan Bukti Ketidakjelasan Tafsir UU Pers.

NEWS

Antisipasi Pekat di Bulan Ramadhan, Sat Narkoba Polres Majalengka Gencarkan Operasi

NEWS

Kapolsek Rajagaluh Sigap Bantu Ibu Pembina Pramuka Yang Pingsan Saat Gatur Lalin di Pospam Ops Ketupat Lodaya 2022

NEWS

Hari ini, Kepala Desa Mandapa Resmi Lantik Empat Aparatur Desa Yang Baru

NEWS

Peduli Terdampak Pandemi Covid-19, Polres Majalengka Salurkan Bansos Kepada Wartawan

NEWS

Yayan Sofyansturi. “Sebanyak 15563 KK di Kecamatan Dawuan telah terdata melalui Program Pendataan Keluarga BKKBN 2021”