Pemdes Pasirmalati Bersama Karang Taruna Karya Muda Sukses Gelar Acara Budaya “GUAR BUMI”

Majalengka,zonakabar.com – Pemerintah Desa (Pemdes) Pasirmalati bekerjasama dengan Karang Taruna Karya Muda,mengadakan kegiatan tahunan gelar budaya GUAR BUMI atau yang biasa dikenal masyarakat dengan sebutan munjung (red) dalam rangka menyambut Musim Tanam (1) di musim penghujan. Guar bumi menjadi sebuah tradisi turun temurun,dijaga serta dilestarikan dan menjadi salah satu budaya kearifan lokal.

Acara guar bumi tahun ini dipusatkan di salah satu cagar budaya Buyut Bitung Gulung yang terletak di areal persawahan Desa Pasirmalati, Kecamatan Dawuan, Kabupaten Majalengka. Selain diikuti Pemdes,Karang taruna serta LKD lainnya,turut dihadiri juga unsur Muspika setempat. Camat Dawuan, Saleh S.Sos., Kapolsek Dawuan, Danramil Dawuan, serta wakil anggota komisi IV DPRD Majalengka, Ika Purnama Alam, S.Pd.I., M.Ag.

Bacaan Lainnya

Acara dimulai dengan iring-iringan rombongan dari Balai Desa Pasirmalati menuju tempat dilaksanakannya acara di buyut Bitung Gulung,kemeriahan tampak saat Camat Dawuan serta Kepala Desa pasirmalati berada di jajaran paling depan dengan menunggang kuda renggong/penca diikuti peserta pembawa gunungan berisi buah-buahan,sayur-mayur serta hasil bumi lainnya,disusul masyarakat dengan membawa bakul-bakul berisi nasi kuning dan lauk-pauk untuk dimakan bersama di tempat pelaksaan acara guar bumi.

Sesampainya di tempat,acara langsung dibuka dengan bacaan Basmallah dilanjutkan pidato sambutan dari Kepala Desa Pasirmalati, Tatang Rastam., Camat Dawuan, Saleh S.Sos., Ketua BPP Kecamatan Dawuan yang diwakili Mantri Toto Suharto.

Dalam kesempatan tersebut Kades Tatang merasa bersyukur acara tahunan guar bumi bisa dilaksanakan,ia berterimakasih kepada semua pihak atas terselenggaranya acara gelar budaya tahunan ini. Tatang berharap dengan adanya kegiatan ini bisa menjadi ajang untuk mempererat tali silaturahmi masyarakat Desa Pasirmalati sehingga komunikasi bisa terjalin lebih dekat lagi,harapnya.

Antusiasme masyarakat terlihat dengan membludaknya warga yang hadir. Kemeriahan acara serta kegembiraan warga tak terbendung saat tiba acara puncak yaitu “serbu gunungan” dimana warga beramai-ramai berebut mengambil gunungan berisi hasil bumi yang telah dipersiapkan panitia sebelumnya. acara kembali dilanjutkan dengan makan bersama. Kasie PMD Kecamatan Dawuan, Arif Nurhadi M, S.IP. mengaku terkesan dengan kegiatan tersebut apalagi pas makan bersama dengan suguhan hamparan pemandangan pesawahan yang indah menjadi daya tarik tersendiri, tak salah jika Pasirmalati saat ini menggaungkan pesona wisata alamnya,ujar Arif.

Di tempat yang sama, Ceo CV. Putra Jaya Berkarya. sekaligus pembina Karang Taruna Karya Muda, Bpk. Irwan Ruswana. atau yang akrab dengan sapaan Ayah Kayla. saat diwawancara awak media menyampaikan harapannya agar event tahunan ini bisa merangsang minat bertani kaum muda milenial khususnya,untuk bisa bekerjasama dengan Pemdes dan Kelompok tani yang ada di Desa Pasirmalati. mudah-mudahan dengan sinergitas yang terjalin sekarang hasil pertanian bisa lebih meningkat di musim tanam nanti,apalagi mengingat Desa Pasirmalati memilik potensi pertanian yang bisa lebih dikembangkan. “Semoga saja kegiatan ini bisa terus berlanjut di tahun-tahun mendatang sebagai salah satu bentuk kepedulian kami dalam melestarikan budaya leluhur. Semoga saja kami karang taruna khususnya bisa bersinergi dengan Pemerintah dalam memajukan potensi pertanian di Desa kami,seiring program dari Pemerintah Provinsi untuk lebih menciptakan para petani milenial dengan memanfaatkan teknologi yang kian berkembang pesat. Mudah-mudahan dengan adanya acara ini bisa menumbuhkan minat bertani para milenial muda khususnya anggota karang Taruna Karya Muda ini”, beber Ayah Kayla.

Selama berlangsungnya kegiatan tersebut, Protokol Kesehatan (Prokes) tetap menjadi perhatian utama panitia penyelenggara. Himbauan untuk senantiasa mematuhi prokes terus disosialisasikan oleh paniti serta para relawan guna mencegah serta memutus mata rantai penyebaran Covid-19.

Sementara itu Ketua Karang Taruna Karya Muda, Ari. membeberkan beberapa program yang tengah di usung pihaknya,diantaranya menggali potensi wisata yang ada di Desa nya dengan membangun tempat wisata pesona alam seperti tempat poto-poto selfi untuk masyarakat Pasirmalati sehingga bisa menarik minat wisatawan lokal berkunjung ke Desa Pasirmalati serta agar bisa lebih dikenal lagi. “Progres kami kedepan insya Allah bidang olahraga khususnya Sepak Bola sedang kami garap salah satunya dengan mendirika n Sekolah Sepak Bola (SSB). mudah-mudahan kedepannya kami Karang Taruna Karya Muda bisa lebih maju lagi dan kami merasa optimis dengan semangat kebersamaan tak ada hal yang tak mungkin,mohon doa nya saja mudah-mudahan program yang sudah ada bisa berjalan sesuai dengan rencana. Aamiin”, pungkas Ari. (DR)

Pos terkait

Baner SKS