Milad ke 534 Majalengka , Pj Bupati Dedi Supandi Beberkan Program dan Inovasi untuk Kemajuan Majalengka.

MAJALENGKA, Zonakabar.com
Puncak peringatan Hari Jadi Majalengka ke 534 tahun 2024 yang dilaksanakan di Gedung Yudha Sawala DPRD Kabupaten Majalengka, Jum’at ( 07/06/2024 ) dilaksanakan dengan sederhana dan khidmat.

Dengan mengambil tema ” Panceg Pageuh Ngarumat Majalengka “. Hadir dalam acara Hari Jadi ke 534 Majalengka Pj Gubernur Jawa Barat Bey Machmudin, Anggota DPR RI asal Majalengka, Mantan Bupati dan Wakil Bupati Majalengka, Bupati wil Ciayumajakuning dan undangan.

Acara sidang Paripurna yang dibuka Ketua DPRD Majalengka H. Edy Anas Junaedi dihadiri seluruh anggota DPRD Kabupaten Majalengka.

Pj Bupati Majalengka Dedi Supandi mengucapkan banyak terima kasih kepada Perangkat Dinas yang telah membantu dalam kinerja selama kurun waktu enam bulan ini, sehingga program dan inovasi bisa berjalan.

Banyaknya keluhan dari masyarakat terkait perkembangan di Majalengka terutama sarana prasarana jalan . Maka kita buat inovasi ” Unit Reaksi Tambal Jalan “

Menurut Dedi program Unit Reaksi Cepat itu untuk menjawab komplain masyarakat terkait jalan-jalan bolong yang butuh penanganan cepat.

” Dan sampai saat ini kita telah melakukan program ” Unit Reaksi Tambal Jalan ” di beberapa ruas jalan Kabupaten Majalengka dengan pengerjaan swakola oleh 7 UPTD di PUTR ,” ujar Dedi.

Selain itu adanya keluhan calo pabrik dan kita telah melakukan sidak ke beberapa pabrik. Untuk itu Pemkab membuat inovasi untuk membuat Balai Latihan Kerja ( BLK ) .

Inovasi Sidirut Gaya Artis dibuat untuk memberantas praktik percaloan dan memudahkan para pencari kerja untuk bekerja di perusahaan melalui keterlibatan BLK serta LPK.

Dedi menambahkan dalam meningkatkan PAD dari tenaga kerja asing telah dibuat inovasi Sistem Digital Pembayaran Retribusi Penggunaan Tenaga Kerja Asing Majalengka ( SIDIAPERTAMA )

” Alhamdulilah dengan adanya SIDIAPERTAMA dapat meningkatkan PAD dari sektor tersebut , semula Rp. 563.090.000,- per Maret 2024 naik menjadi Rp. 905.465.000,- per Mei 2024, ” jelas Pj Bupati.

Untuk meningkatkan ruang bagi masyarakat dalam memberikan saran, masukan serta koreksi dalam pembangunan di Kabupaten Majalengka melalui Dinas Komunikasi dan Informatika ( Diskominfo ) meluncurkan program ” Majalengka Berbicara ( MABAR ).

Dalam pemberdayaan PKK kita telah meluncurkan inovasi Sapa, Usaha Rakyat, Aksi, dan Berbagi Informasi ( Surabi ) sebagai salah satu untuk mendukung pengembangan UMKM di Kabupaten Majalengka.

Dibantu Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu ( DMPTS ) dengan memanfaatkan mobil layanan ‘ Mobil Layanan Sakocepat ” dalam pembuatan NIB secara gratis.

Dalam peningkatan UMKM di Kabupaten Majalengka kita buat Mambo Reborn dan Car Free Day di setiap Kecamatan.

Dalam penanganan lingkungan hidup terutama sampah, kita akan membangun pengelolaan sampah terpadu di TPA Heuleut serta pemberian konpensasi kepada warga di sekitar TPA.

Dalam hal penanganan kemiskinan Pemkab Majalengka bersama Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas) mengadakan kerjasama dalam program pendataan yaitu Registrasi Sosial Ekonomi (Regsosek).

Untuk mempermudah pelayanan satu pintu kepada masyarakat kita akan membuat Mall Pelayanan Publik (MPP) Kabupaten Majalengka yang tempatnya di bekas kantor Kejaksaan Negeri.

Dalam bidang kesehatan Majalengka telah telah terbebas dari Open Defecation Free ( ODF ) dari hasil verifikasi akreditasi bulan Mei.

Untuk meningkatkan pelayanan di RSUD Talaga maka Dinas Kesehatan terus meningkatkan akreditasi RSUD Talaga dengan peningkatan sarana dan SDM , sehingga dua bulan kedepan bisa digunakan untuk rawat inap dan pelayanan BPJS.

Dalam bidang pertanian kita akan membuat Pasar Induk yang rencananya di pasar Ternak Bojong Cideres. Ini membantu para petani dalam meningkatan harga ekonomi dalam pertanian.

Untuk mengilangkan image Majalengka kota pensiunan maka Pemkab Majalengka juga menyiapkan beragam program yang melibatkan kalangan lansia, misalnya, yang berkaitan keagamaan, pendidikan, dan kesehatan bagi kalangan lansia. Kita buat Majalengka merupakan kota kreatif yang ramah terhadap kalangan lansia.

Selama kurang lebih tujuh bulan ini Pemkab Majalengka telah mendapatkan penghargaan diantaranya keberhasilan urusan Kepegawaian dari KASN, WTP ke 11 kali dari BPK RI , penghargaan Teknologi Tepat Guna ( TTG ) dari Provinsi dan Paralegal Justice Award 2024 dari Kementrian Hukum dan HAM RI untuk Desa Wanajaya.

Pj Gubernur Jawa Barat Bey Machmudin dalam sambutanya mengucapkan selamat milad ke 534 buat Kabupaten Majalengka semoga terus maju.

Pj Gubernur mengapersiasi kinerja Pj Bupati Majalengka yang telah membuat terobosan dan inovasi dalam memajukan Majalengka.

“Ada 22 inovasi dan penghargaan yang telah dilakukan Dedi Supandi selama kurang lebih tujuh bulan menjabat .Ini merupakan salah satu capaian yang membawa perubahan bagi Kabupaten Majalengka, ” ujarnya.

Bey Mahmud berharap kedepan terus di tingkatkan lagi program dan inovasi di berbagi sektor supaya terwujud Majalengka Sindangkasih Sugih Mukti demi kemakmuran masyarakat Majalengka. (Red ZK)

Pos terkait

Baner SKS