LPK SLC Bekerjasama Dengan PMI Majalengka Laksanakan Donor Darah Sukarela di Gedung LPK Desa Mandapa

Majalengka,zonakabar.com – Lembaga Pendidikan Keterampilan (LPK) SEJONG LANGUAGE CENTER bekerjasama dengan Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Majalengka. Menyelenggarakan kegiatan donor darah sukarela,bertempat di gedung LPK SLC komplek Balai Desa Mandapa, Kecamatan Dawuan, Kabupaten Majalengka, pada hari ini minggu (17/10/2021). yang dimulai sejak jam 8 pagi.

Antusiasme masyarakat dalam menyambut kegiatan donor darah sendiri terlihat dari jumlah pendonor yang mendaftar sejak beberapa hari sebelumnya sampai menjelang dilaksanakannya kegiatan. Terlihat dari daftar peserta donor darah,tercatat setidaknya tak kurang 75 pendonor,yang terdiri dari siswa LPK SLC,masyarakat Desa Mandapa dan sekitarnya,tokoh masyarakat serta aparatur Desa setempat,kegiatan tersebut tampak diikuti juga, Ika Purnama Alam, S.Pd.I., M.Ag. Anggota Komisi IV, Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Majalengka, dari Partai Keadilan Sejahtera (PKS).

Menurut Icuk Sukmana. selaku CEO LPK SLC sekaligus pelaksana kegiatan donor darah sukarela. Kegiatan donor darah yang rutin diadakan per triwulan ini terlaksana berkat kerjasama yang terbangun antara LPK SLC dengan PMI Majalengka serta Pemerintah Desa Mandapa. “Donor darah ini rutin kami laksanakan bekerjasama dengan PMI Majalengka unit transfusi darah,tidak lain bertujuan untuk membantu pengadaan labu darah di PMI serta memfasilitasi masyarakat yang ingin mendonorkan darahnya. Mudah-mudahan kegiatan bisa terus berlanjut dan kami dalam ini mengucapkan terima kasih kepada para pendonor yang telah ikut berpartisi”,ungkapnya.

Sedangkan Dr. Neneng Latifah. selaku pihak dari PMI Majalengka menerangkan bahwasannya masyarakat calon pendonor tidak perlu khawatir bila ingin berpartisipasi mendonorkan darahnya,karena sebelum dilakukan transfusi,calon pendonor akan melalui beberapa proses pemeriksaan dari tim PMI sesuai mekanisme untuk memastikan layak tidaknya dilakukan proses transfusi darah,menurut Dr. Neneng Latifah. “donor darah selain membuat peredaran darah menjadi lebih baik juga sisi baiknya bisa menolong orang yang membutuhkan melalui darah yang kita donorkan,sesuai dengan moto “setetes darah anda,nyawa mereka” pesan saya untuk masyarakat yang ingin berpartisipasi dalam kegiatan donor darah tidak perlu takut atupun sungkan lagi karena ini aman dan juga baik untuk menjaga kesehatan tubuh kita”,terang Dr. Neneng.

Ditempat yang sama Kepala Desa Mandapa. Cucu Hasan Nugraha. ST. mengapresiasi kegiatan donor darah rutin tersebut. Menurutnya banyak keuntungan dari pelaksanaan donor darah ini,selain bisa memfasilitasi masyarakat yang ingin mendonorkan darahnya juga dari kegiatan rutin ini pihak PMI unit transfusi darah,memberikan kemudahan khususnya kepada masyarakat Desa Mandapa yang membutuhkan labu darah. Dirinya berharap kegiatan rutin ini dapat terus berlanjut serta kerjasama dengan pihak PMI Majalengka bisa ditingkatkan lagi,harap Kepala Desa Mandapa ini.

Anggota Komisi IV DPRD Majalengka. Ika Purnama Alam, S.Pd.I., M.Ag. menambahkan,dirinya sebagai salah satu wakil rakyat mengacungi jempol dengan dilaksanakannya donor darah ini,di saat pandemi seperti sekarang ini LPK SLC mampu memberikan kontribusi nyata untuk membantu PMI Majalengka dengan mengadakan acara kegiatan program donor darah ini. “Saya merasa salut dan mengapresiasi LPK SLC yang secara rutin bisa mengadakan acara donor darah bekerjasama dengan PMI Majalengka,luar biasa antusiasme masyarakat sekitar dalam mendonorkan darahnya Alhamdulillah lumayan banyak,mudah-mudahan ini bisa sedikit membantu PMI dalam memenuhi kebutuhan pengadaan stok labu darah yang sangat dibutuhkan sekarang ini. Dalam kesempatan ini saya juga ucapakn selamat atas terbentuknya kepengurusan PMI Majalengka yang baru,saya berharap semoga PMI Majalengka semakin maju khususnya untuk pengadaan gedung unit transfusi darah yang memprihatinkan serta kesejahteraan teman-teman unit transfusi. Untuk Pemerintah Kabupaten Majalengka saya berharap agar lebih memberikan perhatian lagi kepada PMI Majalengka khususnya unit transfusi,banyak hal yang perlu perhatian baik itu gedung yang representatif maupun sarana dan prasarana pendukung yang lebih baik,kalaupun kita bandingkn dengan wilayah III Cirebon yang lain,Majalengka cukup memprihatinkan,sehingga butuh perhatian yang lebih,baik keberpihakan anggaran maupun kebijakan dari Pemkab Majalengka. Insya Allah dalam waktu dekat kami dari komisi IV bermitra dengan PMI,konsentrasi fokus terhadap perda PMI sudah dalam dalam rapem perda,harapannya besok lusa ataupun kedepan bisa di paripurnakan”,tukasnya. (DR)



Pos terkait

Baner SKS