Kecamatan Dawuan Darurat Sampah

Majalengka, Zonakabar.com – Sampah kini menjadi perhatian serius dari mulai Pemerintah Pusat hingga Daerah, berbagai langkah penanganannya dari mulai pembuatan fasilitas tempat pembuangan hingga teknologi pengolahan sampah, terus digenjot Pemerintah guna menanggulangi permasalahan sampah ini.

Namun, sungguh ironis dengan apa yang terlihat di daerah Kecamatan Dawuan, Kabupaten Majalengka, Provinsi Jawa Barat ini. Pasalnya hampir di setiap Desa yang ada di wilayah Kecamatan Dawuan permasalahan sampah menjadi permasalahan klasik yang tak kunjung kelar. Hal tersebut kerapkali dikeluhkan warga serta para pengguna jalan yang melintas di tempat pembuangan sampah liar.

Bacaan Lainnya

Setidaknya lima Dari sebelas Desa yang ada di Kecamatan Dawuan, mengalami permasalahan sampah, meskipun sebagiannya sudah memiliki TPS namun TPS tersebut terkesan terbengkalai.

Disisi lain, sampah selain ditakutkan merusak lingkungan hidup, bau menyengat dari sampah yang membusuk serta kepulan asap dari pembakaran sampah, dirasakan warga yang melintas di area tersebut sangatlah mengganggu. Menurut penuturan Ade. salah seorang warga Kecamatan Dawuan, persoalan sampah ini sudah ada sejak lama namun pihak terkait seperti Pemdes maupun pihak Kecamatan terkesan membiarkan dan belum ada langkah signifikan dalam penanggulangannya maupun untuk meminimalisir persoalan sampah di Kecamatan Dawuan ini.

“Ini sebenarnya sudah dari dulu cuma terkesan dibiarkan dan yang paling parah berlokasi di sekitaran jembatan cidangdung Desa Gandu, selain merusak pemandangan, bau busuknya pun sudah sangat mengganggu apalagi asap pembakaran sampahnya sampai menutup penglihatan saat melintas kesana”, bebernya.

Menurut pantauan zonakabar.com di lapangan, setidaknya terdapat ada 5 titik lokasi pembuangan sampah liar yang ada di wilayah Kecamatan Dawuan. Beberapa titik lokasi diantaranya berada di bantaran sungai yang termasuk dalam wilayah BBWS Cimanuk-Cisanggarung.

Warga kini sangat berharap agar pemerintah tak tinggal diam menyikapi banyaknya persoalan sampah yang ada di Kecamatan Dawuan ini. “Kami selaku warga Kecamatan Dawuan, meminta pada Pemerintahan agar tak tinggal diam dan segera mencari solusi agar sampah tak lagi jadi persoalan. Bisa dengan membangun TPS tempat pengolahan sampah serta memberdayakan masyarakatnya dalam mengolah sampah tersebut”, tukasnya.

“Terlebih lagi jaman sekarang kan anggaran Dana Desa yang di gelontorkan pemerintah pusat kan besar, tiap Desa hampir diatas 1miliar, masa tidak bisa memprioritaskan program penanganan sampah”, pungkasnya. (red)

Baner SKS

Pos terkait