Ahli: Berjalan Kaki Usai Makan Bisa Kurangi Kadar Gula Darah

Zonakabar.com – Sejumlah ilmuwan mengungkap berjalan kaki singkat setelah makan dapat mengurangi kadar gula darah. Hal ini dapat membantu menangkal komplikasi seperti diabetes tipe 2. direkomendasikan berjalan selama 60 hingga 90 menit untuk hasil terbaik.

Seperti dikutip dari pmjnews, Rabu (10/8/2022), peneliti dari sebuah penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Sports Medicine melihat hasil dari tujuh penelitian yang membandingkan efek duduk versus berdiri atau berjalan pada ukuran kesehatan jantung, termasuk insulin dan kadar gula darah.

Bacaan Lainnya

Mereka menemukan bahwa berjalan ringan setelah makan, sedikitnya dua hingga lima menit, memiliki dampak signifikan dalam memoderasi kadar gula darah.

Penelitian ini memperkuat temuan dari dua penelitian sebelumnya. Sebuah studi pada 2016 terhadap mereka yang menderita diabetes tipe-2 menemukan bahwa berjalan selama 10 menit setelah setiap makan membantu menurunkan kadar gula darah lebih banyak daripada berjalan selama setengah jam di waktu lain dalam sehari.

Baner SKS

Pos terkait